Nama curug cipamingkis berasal dari sebuah aliran mata air yang terdiri dari dua muara yang bersatu yaitu aliran sungai Cipamingkis dengan aliran sungai Cisarua, beberapa orang mengatakan bahwa curug Cipamingkis itu adalah curug Pamungkas, bahwa Pamungkas itu berasal dari Cipamingkis.

Curug Cipamingkis terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Destinasi yang sedang hapening ini dikelola oleh Perum Perhutani dan LMDH. Dibuka sejak tahun 2009, Wisata Alam Curug Cipamingkis memiliki luas 16,50 Hektar.

Memiliki suhu udara yang cukup dingin berkisar antara 18-20 derajat celcius curug cipamingkis memiliki pemandangan yang indah mempesona. Dinginnya suhu dikarenakan curug ini berada pada ketinggian sekitar 900 meter mdpl.

Ada banyak legenda dan mitos di seputar Air Terjun Cipamingkis. Salah satu mitos yang melingkupinya menyatakan, jika seseorang yang belum mendapatkan jodoh dalam hidupnya lalu mandi di bawah terjunan airnya dengan melafadzkan niat, maksud dan tujuan yang dikehendaki itu akan terlaksana.

RUTE MENUJU CURUG CIPAMINGKIS

Rute dari Kota Jakarta sendiri tidaklah rumit. Bagi Anda pengguna mobil, maka bisa melalui Tol Cibubur. Jalur yang harus dilewati adalah mulai dari Tol Cibubur, kemudian lanjutkan sampai Gunung Putri. Selepas itu Anda akan tiba di Jonggol.

Teruskan perjalanan sampai wilayah Sukamakmur dan tembus ke Desa Wargajaya. Terakhir, sampailah di Curug Cipamingkis. Perjalanan akan semakin mudah bila menggunakan aplikasi Maps yang ada di Smartphone.

Atau anda bisa keluar Tol Jagorawi Citeureup, lalu belok kiri arah citeureup kemudian lanjutkan ke arah Jl. Raya Tajur Leuwibilik teruskan perjalanan sampai wilayah Sukamakmur dan tembus ke Desa Wargajaya. Terakhir, sampailah di Curug Cipamingkis. Perjalanan akan semakin mudah bila menggunakan aplikasi Google Maps yang ada di Smartphone atau klik disini

Bila keberangkatan dari Bekasi, maka Anda memiliki 3 pilihan, yaitu melalui Tol Jagorawi, Tol Jakarta-Cikampek maupun Jalan Raya Nagorong. Bagi yang memilih Tol Jagorawi, perjalanan dimulai dengan menuju tol JORR hingga ke pintu keluar wilayah Gunung Putri. Kemudian belok kanan ke arah Mayor Oking. Teruskan saja sampai di pertigaan sebelum Pasar Baru Citereup. Pilih jalur menuju Cibadak. Nantinya Anda akan tembus ke pertigaan Pasar Sukamakmur Jonggol. Lanjutkan sampai tiba di Jalan Kp. Ciherang dan bertemu dengan Rumah Makan Banoyaya. Terakhir ikuti petunjuk arah sampai tujuan.

Berbeda lagi kalau Anda memilih Tol Jakarta-Cikampek. Arahkan perjalanan menuju pintu exit ke arah Lemahabang. Lanjutkan sampai menemukan Polsek Cikarang Selatan. Teruskan sampai melewati Celecton Blue Cikarang, berbelok ke kiri, lalu belok kanan menuju Pasar Cibarusah setelah pertigaan kedua Kantor Pos Cibarusah. Ambillah jalur sebelah kiri menuju Jonggol sampai Anda melintasi Pasar Baru Jonggol. Anda akan sampai di Alun-Alun Jongol, kemudian belok kiri hingga pertigaan ke Jalan Kb Danas. Lanjutkan kembali perjalanan seperti petunjuk sebelumnya.

Sedangkan jalur melalui Jalan Raya Narogong hampir sama. Acuan Anda adalah Taman Mekarsari. Setelah melewati tempat tersebut, arahkan kendaraan menuju Jonggol. Jalur perjalanan selanjutnya sama dengan rute melalui Tol Jakarta-Cikampek.

Dari arah bogor, jaraknya hanya sekitar 40 km. Rutenya dengan melewati Bogor-Sentul-Citeureup-Sukamakmur-Desa Wargajaya-Curug Cipamingkis.

Keberangkatan dari Cianjur dimulai dengan melintasi jalur Istana Cipanas. Kemudian teruskan perjalanan sampai ke Polsek Pacet dan belok kanan. Selanjutnya Anda akan bertemu dengan jalan yang bentuknya cagak tiga.

Ambillah jalur di sisi kanan lalu arahkan kendaraan ke Jalan Puncak Dua. Dari sini, teruskan sampai melewati SMP 3 Cipanas. Ikuti jalan dan lihat petunjuk arah hingga melintasi Curug Arca. Lalu tinggal belok kiri dari pertigaan dan Anda sampai ke tujuan.

INFORMASI DAN RESERVASI